Prak 01 – Logo
3D 360 (Turn Table Animation)
1. Tujuan
Perkenalan
dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau
disebut juga turn table animation.
2. Alat
Adobe
Illustrator CC
Maxon Cinema 4D
R16
Time Lapse
Assembler
3. Bahan
4. Dasar Teori
Jelaskan perbedaan antara animasi 2d dan
3D!
Animasi 2D atau dua dimensi adalah
animasi yang dibuat dengan memanfaatkan dua titik vektor yaitu x dan y. Vektor
x digunakan sebagai ukuran panjang objek gambar, sementara vektor dipakai
sebagai ukuran lebar objek gambar. Animasi 3D atau tiga dimensi adalah animasi
yang dibuat dengan memanfaatkan tiga titik vektor yaitu x, y, dan z. Vektor
berfungsi untuk menentukan ukuran panjang objek gambar, vektor y berguna untuk
menentukan ukuran lebar objek gambar, dan vektor z dipakai untuk menentukan
tinggi objek gambar.
Jelaskan yang dimaksud dengan
tracing!
tracing bermakna menggambar ulang dengan
memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula
yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap
menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi.
Misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun
software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator
keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang
mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik. Dalam terminologi
komputer grafis, vector adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu
yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi
bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa
kehilangan resolusinya. Jenis vector data antara lain AI (Adobe Illustrator, FH
(Macromedia Freehand), CDR (Corel Draw), WMF (Windows Meta File), EPS
(Encapsulated PostScript), CGM (Computer Graphic Metafile), dan lain
sebagainya.
Jelaskan perbedaan membuat animasi 2d di
flash dengan cinema 4D!
Flash merupakan software yang berbasis
2D dan hanya menggunkan 2 titik koordinat yaitu X dan Y. Sedangkan Cinema 4D
berbasis 3D dan menggunkan 3 titik koordinat yaitu X, Y, dan Z. Selain itu
Cinema 4D lebih berat saat dijalankan dibandingkan dengan Flash.
5. Cara membuat
Tracing Logo menggunakan illustrator
- Buka software Adobe Illustrator lalu buat lembaran baru dengan ukuran A4
- Kemudian pliih import pada tab file untuk mamasukkan gambar logo yang akan di tracing
- Setelah itu untuk layer gambar logo silahkan di kunci terlebih dahulu agar tidak tergeser ketika melakukan tracing
- Lalu buat layer baru dan pilih pen tool untuk melakukan tracing, ikuti pola gambar dengan baik dan rapi
- Setelah selesai simpan file dengan versi illustrator 8 agar bisa dibuka di cinema4D
Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file
illustrator
- · Buka software cineme4D, kemudian pilih open pada tab file dan pilih file tracing logo yang sudah dibuat di illustrator
- · Lalu tambahkan extrude tiap object, dan pilih caps pada extrude object dan atur sebagai berikut : start dan end di ganti dengan Fillet cap lalu nilai steps dan radius ubah menjadi 3 dan 1cm
Membuat animasi 360 derajat
·
Setelah
itu pada rotation(h) ubah 0 derajat pada 0f dan 360 derajat pada 90f
·
Coba
klik tombol play untuk melihat animasinya
Merender animasi ke dalam file movie (mp4)
- Jika sudah selesai klik tombol edit render setting dan atur sebagai berikut : pada output ganti preset menjadi HDV/HDTV 720 29,97, frame range menjadi full frames. Dan pada save pilih lokasi penyimpanan dan ganti format menjadi jpeg.
- Jika sudah tutup jendela tersebut dan kemudian klik tombol render to picture viewer
- Tunggulah beberapa menit sampai selesai
- Lalu buka softwae time lapse assembler untuk menyatukan hasil renderan tadi
- Kemudian choose folder dari hasil renderan tersebut
- Klik encode dan akan muncul jendela baru lalu beri nama untuk hasil video pada kolom save as
·
Setelah
itu akan melakukan proses untuk beberapa detik dan hasil video animasi sudah
jadi
6. 6. Hasil praktikum
Behind The scene
Tidak ada komentar:
Posting Komentar