Breaking News

Minggu, 12 Maret 2017


Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

1.   Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.


2.   Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3.   Bahan
hasil praktikum sebelumnya

4.    Dasar Teori

Jelaskan perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path!
Animasi motion guide adalah animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Animasi ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi. Motion Guide berfungsi sebagai penggaris agar gambar frame per frame dapat konsisten dan solid.

Animasi Camera Path
Untuk membuat animasi di blender yang membutuhkan kamera untuk mengubah kecepatan saat bergerak sepanjang jalan . Saya menggunakan Curve / jalan untuk jalan. Aku membutuhkan kamera untuk bergerak pada kecepatan tertentu akan antara 2 tempat. Camera path berfungsi sebagai path/jalur jalanya camera.

Jelaskan perbedaan antara Physical Sky dan Area Light!
Physical Sky
Physical Sky bisa dikatakan sebagai ambient/environment light dan background di software berbasis 3D, C4D. Sedangkan Area Light adalah Lightning yang berupa null object 3D yang dapat dipindah/dimanipulasi yang memancarkan cahaya. Berguna untuk memberi light pada objek 3D dengan beberapa pilihan jenis light.

Area Light
Pada perintah Area Light ini kita dapat menemukannya di ikon bergambar lampu. Area Light ini berfungsi untuk memperbaiki pencahayaan pada object yang sedang kita buat. Namun bedanya dengan physical light adalah pada area light ini kita fokus pada objectnya yang dipengaruhi oleh area light ini. Kita dapat mengatur area light ini dari depan object, atas object, dan juga bagian kiri dan kanan. efek dari area light ini memberikan warna cerah pada object yang kita buat. kesan gelap terang.

Jelaskan yang dimaksud material dan beri contoh penggunaannya!
Material adalah sebuah material yang akan kita gunakan sebagai dasar untuk mewarnai object yang kita buat. dengan material ini kita bisa memberikan detail yang spesifik pada object yang kita buat. Material bisa disebut sebagai texture untuk objek 3D. Dapat digunakan untuk memberi warna objek dan memberikan sifat-sifat material seperti Glow, Diffuse, Reflection, Illumination, Color, dsb.

5.   Tugas Praktikum
Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6.   Langkah praktikum
Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline
·  Pertama kita membuka file cinema4d yang sudah dibuat sebelumnya. Sebelum menambahkan kamera, kita mengatur posis logo terlebih dahulu agar tepat di posisi tengah dengan cara mengganti nilai P.X dan P.Y menjadi 0 pada properties coordinate.
·    Setelah itu menambahkan kamera dan buat rute lengkungan dimana rute tersebut yang akan di lalui oleh kamera. Caranya dengan mengklik arc dan mengaturnya( plane:XY ; start angle:360 derajat ; end angle:270 derajat ; radius:2500 ). Geser rute tersebut ke kiri sehingga ujung lengkungan tepat pada ujung kamera.
·    Agar pergerakan kamera mengikuti rute lengkungan maka kita tambahkan tag dan pilih align to spline. Lalu kita drag arc ke dalam spline path.
·    Agar kamera selalu melihat objek(logo) maka kita tambahkan tag lagi dan pilih target. Dan drag kamera ke dalam target object.
·  Setelah itu untuk membuat pergerakan animasi kameranya , kita mengubah nilai position pada kamera yaitu 100% pada saat awal(frame 0) dan 0% ketik finish(frame 60), jangan lupa mengklik tombol recordnya.

Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
·  Physical sky merupakan background yang mendekati seperti langit.
·  Untuk menambahkannya klik tombol floor dan pilih physical sky .
·  Atur time and location menjadi pukul 18:00
·  Pada details hilanhkan centang pada show moon, show stars and show planets
·  Pada tahap ini logo akan terlihat gelap

Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
·   Agar logo terlihat terang maka kita akan menambahkan cahaya
·  Disini kita menggunakan area light yang sederhana, setelah itu atur light tersebut      dengan sedemikian rupa (gunakan multiview utuk memudahkan)

Menambahkan Material
·  Pada tahap ini, kita akan memeberikan warna pada logo
· Caranya dengan klik create dan pilih danel, disini memilih danel karena mewakili  benda bermaterial glosy  
· Kemudian klik dua kali pada material tersebut dan pada diffuse atur nilai RGB nya untuk mendapatkan warna biru ( R: 0 ; G:42 ; B:166) dan ganti nilai illuminationnya menjadi 95%.
· Disini kita akan membuat material lagi untuk mendaptkan nilai kuning. Agar tidak       dua kali bekerja, maka kita copy aja material yang sudah kita buat sebelumnya.             Carangnya dengan klik ctrl dan drag geser ke samping.
·  Kemudian untuk meng apply kan ke dalam objek, cukup meng drag material tersebut ke objek.

NB : http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/ (untik lebih jelasnya)

7.   Hasil praktikum
behind the scene


8.   Kesimpulan

Pada praktikum ini alhamduillah saya bisa mengerjakannya dengan lancar dengan bantuan tutorial yang sangat jelas. Terimakasih pah hasbi 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar