Prak 02 –
Camera Path, Lighting, and Material
1. Tujuan
Pada
praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi
3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan
menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
Adobe
Illustrator CC
Maxon
Cinema 4D R16
Time
Lapse Assembler
3. Bahan
hasil
praktikum sebelumnya
4. Dasar Teori
Jelaskan perbedaan antara motion guide pada
flash dengan camera path!
Animasi
motion guide adalah animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang
kita buat. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Animasi
ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian
dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi. Motion
Guide berfungsi sebagai penggaris agar gambar frame per frame dapat konsisten dan
solid.
Animasi
Camera Path
Untuk
membuat animasi di blender yang membutuhkan kamera untuk mengubah kecepatan
saat bergerak sepanjang jalan . Saya menggunakan Curve / jalan untuk jalan. Aku
membutuhkan kamera untuk bergerak pada kecepatan tertentu akan antara 2 tempat.
Camera path berfungsi sebagai path/jalur jalanya camera.
Jelaskan perbedaan antara Physical Sky dan
Area Light!
Physical
Sky
Physical
Sky bisa dikatakan sebagai ambient/environment light dan background di software
berbasis 3D, C4D. Sedangkan Area Light adalah Lightning yang berupa null object
3D yang dapat dipindah/dimanipulasi yang memancarkan cahaya. Berguna untuk
memberi light pada objek 3D dengan beberapa pilihan jenis light.
Area
Light
Pada
perintah Area Light ini kita dapat menemukannya di ikon bergambar lampu. Area
Light ini berfungsi untuk memperbaiki pencahayaan pada object yang sedang kita
buat. Namun bedanya dengan physical light adalah pada area light ini kita fokus
pada objectnya yang dipengaruhi oleh area light ini. Kita dapat mengatur area
light ini dari depan object, atas object, dan juga bagian kiri dan kanan. efek
dari area light ini memberikan warna cerah pada object yang kita buat. kesan
gelap terang.
Jelaskan yang dimaksud material dan beri
contoh penggunaannya!
Material
adalah sebuah material yang akan kita gunakan sebagai dasar untuk mewarnai
object yang kita buat. dengan material ini kita bisa memberikan detail yang
spesifik pada object yang kita buat. Material bisa disebut sebagai texture
untuk objek 3D. Dapat digunakan untuk memberi warna objek dan memberikan
sifat-sifat material seperti Glow, Diffuse, Reflection, Illumination, Color, dsb.
5. Tugas Praktikum
Pergerakan
kamera menggunakan teknik camera path
Lighting
sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. Langkah praktikum
Pergerakan
camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline
· Pertama kita membuka file cinema4d yang sudah
dibuat sebelumnya. Sebelum menambahkan kamera, kita mengatur posis logo
terlebih dahulu agar tepat di posisi tengah dengan cara mengganti nilai P.X dan
P.Y menjadi 0 pada properties coordinate.
· Setelah itu menambahkan kamera dan buat rute
lengkungan dimana rute tersebut yang akan di lalui oleh kamera. Caranya dengan
mengklik arc dan mengaturnya( plane:XY ; start angle:360 derajat ; end
angle:270 derajat ; radius:2500 ). Geser rute tersebut ke kiri sehingga ujung
lengkungan tepat pada ujung kamera.
· Agar pergerakan kamera mengikuti rute lengkungan
maka kita tambahkan tag dan pilih align to spline. Lalu kita drag arc ke dalam
spline path.
· Agar kamera selalu melihat objek(logo) maka kita
tambahkan tag lagi dan pilih target. Dan drag kamera ke dalam target object.
· Setelah itu untuk membuat pergerakan animasi kameranya
, kita mengubah nilai position pada kamera yaitu 100% pada saat awal(frame 0)
dan 0% ketik finish(frame 60), jangan lupa mengklik tombol recordnya.
Menambahkan
Lighting menggunakan Physical Sky
· Physical sky merupakan background yang mendekati
seperti langit.
· Untuk menambahkannya klik tombol floor dan pilih
physical sky .
· Atur time and location menjadi pukul 18:00
· Pada details hilanhkan centang pada show moon,
show stars and show planets
· Pada tahap ini logo akan terlihat gelap
Menambahkan
Lighting menggunakan Area Light
· Agar logo terlihat terang maka kita akan
menambahkan cahaya
· Disini kita menggunakan area light yang
sederhana, setelah itu atur light tersebut dengan sedemikian rupa (gunakan multiview
utuk memudahkan)
Menambahkan
Material
· Pada tahap ini, kita akan memeberikan warna pada
logo
· Caranya dengan klik create dan pilih danel, disini
memilih danel karena mewakili benda bermaterial glosy
· Kemudian klik dua kali pada material tersebut
dan pada diffuse atur nilai RGB nya untuk mendapatkan warna biru ( R: 0 ; G:42
; B:166) dan ganti nilai illuminationnya menjadi 95%.
· Disini kita akan membuat material lagi untuk
mendaptkan nilai kuning. Agar tidak dua kali bekerja, maka kita copy aja
material yang sudah kita buat sebelumnya. Carangnya dengan klik ctrl dan drag
geser ke samping.
· Kemudian untuk meng apply kan ke dalam objek,
cukup meng drag material tersebut ke objek.
NB : http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/ (untik lebih jelasnya)
NB : http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/ (untik lebih jelasnya)
7. Hasil praktikum
behind the scene
8. Kesimpulan
Pada
praktikum ini alhamduillah saya bisa mengerjakannya dengan lancar dengan
bantuan tutorial yang sangat jelas. Terimakasih pah hasbi 😊
Tidak ada komentar:
Posting Komentar