Breaking News

Senin, 05 September 2016

Pengalamanku Membuat Animasi 2D Bouncing Ball


Praktikum pertama pada mata kuliah Animasi 2D yaitu membuat Bouncing Ball Animation After Effect. Hmm, praktikum pertama kali ini membuatku sedikit berkesan karena sebelumnya aku kalau membuat animasi 2D di software Adobe Flash. Ya bukan berarti pertama kali juga aku menggunakan software After Effect ini, di software ini aku dulu pernah belajar membuat bumper sederhana. Dan buatku ini sebuah tantangan baru yang harus aku pelajari dan aku harus bisa. Untuk menghasilkan animasi Bouncing Ball, hanya menyiapkan sebuah komputer dan software After Effect. Dan berikut ini aku memberikan sedikit pengalaman dalam pembuatan Bouncing Ball dengan menggunakan After Effect yang sudah aku lalui :

 1. Hidupkan komputer
 2. Buka software After Effect
 3. Pada menu composition, pilih new composition dan atur settting sebagai berikut
     Preset : HDTV 1080 25
     Frame rate : 25
     Duration : 00:00:05:00
     Setelah itu, klik ok
 4. Lalu pilih Ellipse Tool dan buat objek lingkaran kecil di lembar kerja sambil menekan shift pada    keyboard agar mendapatkan bentuk yang simetris
 5. Kemudian pilih Pen Behind untuk memindahkan Anchor Point di tengah objek lingkaran
 6. Setelah itu, buat pola grafik gerakan bola memantul dengan menggunakan keyframe position pada  timeline di setiap pergerakan
 7. Atur pola grafik dengan menggunakan command option dan mengubah-ubah keyframe position  untuk mendapatkan gerakan yang halus
 8. Pada saat gerakan bola menyentuh tanah, cematkan bola dengan mengatur scale pada timeline.
 9. Untuk melihat gerakan bola dapat mengklik RAM preview.
 10. Setelah selesai, pada menu File pilih Export dan klik Add to Render Queue
 11. Kemudian akan muncul timeline Render Queue, klik lossless dan ubah format menjadi H 264.    Dan simpan video sesuai dengan keinginan dengan mengubah Output to.
 12. Dan yang terakhir klik Render.

Berikut ini link hasil video jadi yang telah aku buat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar