Prak 04 – Camera Depth, Multi
Pass Render, dan Compositing using AE
1. Tujuan
Pada praktikum ini, mahasiswa
diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects.
Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing
di AE.
2. Alat
Maxon Cinema 4D R16
Adobe After Effects CC 2015
3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya
4. Dasar Teori
Gunakan pertanyaan berikut
untuk menuliskan dasar teori yang relevan
Jelaskan
yang dimaksud dengan Camera Depth!
Camera
depth digunakan untuk mengatur pembagian area yang blur dan fokus dengan
sedikit pengaturan tertentu didalam cinema 4D didapat area fokus yang ditujukan
pada objek utama
Jelaskan
yang dimaksud dengan Multi Pass Rendering!
Multipass
render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan
telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum.
Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering,
yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol
yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan
menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu
mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh
menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan
Jelaskan
yang dimaksud dengan DOF!
Dalam
optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field
(DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak
antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima
tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada
suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus,
sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan
normal.
Jelaskan
yang dimaksud dengan Compositing
Compositing
adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar
tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari
adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai
disebut "chroma key", "blue screen", "layar
hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua,
compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing
pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir
abad ke-19, dan beberapa masih digunakan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang
sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
v Multi
Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
v Import
masing-masing image sequences ke AE.
v Implementasi
DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur
6. Petunjuk Praktikum
Untuk mengerjakan praktikum
ini saya melihat tutorial pada link ini : http://www.mohhasbias.com/prak-04-camera-depth-multi-pass-render-dan-compositing-using-ae/
7. Kesimpulan
Kesulitan yang saya alami
dalam praktikum keempat ini pada hasil render asset secondary tidak nampak
gelap terangnya, hanya terlihat gelap saja tidak seperti pada tutorial.
Sehingga saya harus mengecek kembali dari video pertama dan hasilnya tetap sama
aja. Setelah itu saya mencoba untuk menyanyakan hal ini pada teman saya,
ternyata render di beda komputer hasilnya beda juga.
8. Hasil Praktikum
Behind the secene
Tidak ada komentar:
Posting Komentar