Prak
03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves
1.
Tujuan
Pada
praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi
3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement
diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2.
Alat
Adobe
Illustrator CC
Maxon
Cinema 4D R16
3.
Bahan
v hasil praktikum sebelumnya
v asset sekunder
4.
Dasar Teori
Gunakan
pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan
Jelaskan fungsi secondary Assets
Secondary
assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang
baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek
tambahan pada animasi baru.
Jelaskan fungsi F-Curves
F-Curve
Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen,
termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key
frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve
Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan
yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
5.
Tugas Praktikum
Pada
animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Tambahkan secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6.
Petunjuk Praktikum
Video
tutorialnya bisa dilihat di link : http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/
7.
Kesimpulan
Pada
praktikum ketiga kali ini, alhamdulillah secara garis besar lancar. Namun ada
beberapa hal yang membuat saya sedikit bingung ketika mengatur helix agar
dengan menggesar-gesar maupun memperbesar dan memperkecil sehingga mendapatkan
gerakan yang sesuai dengan tutorialnya. Untuk tahap kedua alhamdulillah lancar
dan untuk tahap ketiga ada sedikit bingung mencari sumbu saat ingin meenggeser
F-Curse nya.
8.
Hasil Praktikum
Behind the secene
Tidak ada komentar:
Posting Komentar